Beranda | Artikel
Faedah Kisah Dzulqarnain
Kamis, 17 Februari 2022

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi

Faedah Kisah Dzulqarnain adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Al-Furqan Min Qashashil Qur’an. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Senin, 12 Rajab 1443 H / 14 Februari 2022 M.

Ceramah Agama Islam Tentang Faedah Kisah Dzulqarnain

Di antara faedah-faedah yang bisa kita ambil dari kisah Dzulqarnain adalah:

Kedudukan di muka bumi dan kerajaan merupakan karunia Allah yang Allah anugrahkan kepada siapa yang Allah kehendaki

Ini diambil dari kisah Dzulqarnain, dimana Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَيَسْأَلُونَكَ عَن ذِي الْقَرْنَيْنِ ۖ قُلْ سَأَتْلُو عَلَيْكُم مِّنْهُ ذِكْرًا ‎﴿٨٣﴾‏إِنَّا مَكَّنَّا لَهُ فِي الْأَرْضِ وَآتَيْنَاهُ مِن كُلِّ شَيْءٍ سَبَبًا ‎﴿٨٤﴾

“Mereka bertanya kepadamu tentang Dzulqarnain, katakanlah: ‘Aku akan bacakan kisahnya kepada kalian. Sesungguhnya Kami telah memberikan kedudukan kepadanya di muka bumi, dan Kami berikan kepada dia segala sesuatu jalannya yang menuju kepada hal tersebut.`” (QS. Al-Kahfi[18]: 83-84)

Allah Subhanahu wa Ta’ala yang memberikan kekuasaan/kerajaan kepada siapa yang Allah kehendaki. Hal tersebut bisa kita lihat juga di firman Allah:

قُلِ اللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَن تَشَاءُ وَتَنزِعُ الْمُلْكَ مِمَّن تَشَاءُ وَتُعِزُّ مَن تَشَاءُ وَتُذِلُّ مَن تَشَاءُ ۖ بِيَدِكَ الْخَيْرُ ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

“Katakanlah: ‘Ya Allah raja dari semua raja, Engkau memberikan karajaan kepada siapa yang Kau kehendaki dan mencabutnya dari siapa yang Engkau kehendaki. Engkau memberikan izzah kepada yang Engkau kehendaki dan Engkau menghinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tanganMu segala kebaikan. Sesungguhnya Engkau Maha Mampu untuk melakukan segala sesuatu.`” (QS. Ali-Imran[3]: 26)

Penulis Rahimahullah memberikan kepada kita tentang sebab-sebab terwujudnya pertolongan Allah dan apa sebab-sebab yang dengannya Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan kekuasaan/kerajaan kepada seseorang. Ada lima perkara, yaitu:

  1. Keimanan yang benar, amal shalih dan jauh dari segala bentuk kesyirikan.
  2. Menit ke-24:08 Hendaknya orang-orang yang beriman menolong Allah pada diri mereka.
  3. Menit ke-25:53 Berpegang teguh dengan منهاج النبوة (Minhaj An-Nubuwwah).

Bagaimana pembahasan dan kajian dalil-dalilnya? Mari Download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian Faedah Kisah Dzulqarnain


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/51417-faedah-kisah-dzulqarnain/